GURU HARUS MENJADI MODEL UTUH BAGI SISWA, BEGINI CARANYA

Assalamualaikum Warrahmatullahi Wabbarakatuh

Selamat Malam

sinarberita.com - Berita seputar pendidikan dan guru kembali kami perbaharui dan kami bagikan secara terupdate kepada seluruh rekan pengunjung khususnya rekan-rekan guru dan kepala sekolah diseluruh satuan pendidikan ditanah air.

Guru perlu memiliki kemampuan antara mengintegrasikan kemampuan otak dan hatinya. Hal ini karena guru harus dapat menjadi model yang utuh bagi siswa, tidak hanya dari segi kemampuan akademis, namun juga prilaku.

Gambar Ilustrasi

Kemampuan integrasi tersebut, bisa didapatkan dengan latihan dan praktik yang dilakukan secara terus menerus dan berkelanjutan. Senior Manager for University Stakeholder and Coordination USAID PRIORITAS Ajar Budi Kuncoro menuturkan, karena itulah upaya latihan dan praktik tersebut perlu dilakukan dan dibiasakan sejak penyiapan mahasiswa menjadi calon guru.

"Praktik pengalaman lapangan (PPL) merupakan salah satu fase penting untuk memberikan bekal pengalaman mengajar yang baik bagi mahasiswa. Mahasiswa calon guru perlu mendapat bekal pengalaman mengajar yang baik dengan didampingi dan dibimbing secara kolaboratif oleh dosen pembimbing lapangan (DPL) dan guru pamong (GP)," ujarnya seperti dilansir dalam rilis yang diterima "PR", Kamis, 21 Juli 2016.

Namun selama ini, dia menuturkan, dalam pengelolaan PPL masih perlu dilakukan peningkatan peran efektif dosen pembimbing lapangan dan guru pamong dalam melakukan bimbingan. Ini karena komunikasi mereka dengan mahasiswa calon guru dinilai cenderung searah dan kurang intensif.

Hal ini yang akhirnya berdampak pada kemampuan mengajar mahasiswa calon guru menjadi kurang komprehensif.

Karena itulah pihaknya menggelar Pelatihan Nasional Dosen Pembimbing Lapangan dan Guru Pamong pada Rabu (20/7/2016) lalu di Yogyakarta. Pada pelatihan yang berlangsung selama tiga hari tersebut hadir berbagai dosen pembimbing lapangan dari 16 LPTK, dan juga guru pamong dari tujuh provinsi yang merupakan mitra USAID Prioritas.

Baca juga lainya : 

Dia menjelaskan, selama pelatihan mereka mendapatkan pemahaman terkait menulis jurnal reflektif, melakukan konferensi pembimbingan mahasiswa, melakukan observasi sekolah dan ruang kelas, serta praktik pendampingan mengajar terbimbing dan mengajar mandiri dalam PPL.
(Sumber : pikiran-rakyat)

Demikian berita seputar pendidikan dan guru yang dapat kami bagikan, semoga bermanfaat.
Untuk info terbaru lainya silakan kunjungi laman DISINI

0 Response to "GURU HARUS MENJADI MODEL UTUH BAGI SISWA, BEGINI CARANYA"

Posting Komentar