FAKTA GAJI GURU 5 NEGARA ASEAN YANG BERKEMBANG KARENA MENGHARGAI JASA GURU DAN GAJI YANG TINGGI

Assalamu'alaikum wr.wb. selamat malam dan salam sejahtera untuk rekan-rekan guru seluruh indonesia...
mari simak informasi terbaru republikunews.com berikut ini, perlu untuk diketahui mengenai besaran gaji guru diwilayah asean dan terbukti bahwa gaji mereka tinggi karena di hargai jasanya dan merupakan elemen yang sangat penting  dan fakta membuktikan tinggi gaji guru berbanding dengan kemajuan suatu negara....


Kenapa saya mengambil contoh guru PNS? Mungkin Anda juga sudah tahu jika di Indonesia gaji guru tertinggi itu adalah guru yang sudah berstatus Pegawai Negeri Sipil. Jika dibandingkan dengan guru Non-PNS atau guru Honorer maka akan sangat jauh sekali. Guru Honorer di Indonesia saat ini masih ada yang mendapat gaji sebesar Rp 150.000. Bayangkan cukup untuk membeli apa uang sebesar 150 ribu?

Di Indonesia guru PNS dibagi menjadi empat golongan, masing-masing golongan akan dibagi-bagi lagi. Saat ini untuk golongan I dibayar 480 ribu sampai dengan 2,5 juta per bulan. Sedangkan untuk golongan tertinggi atau golongan IV dibayar 2,8 juta sampai dengan 5,6 juta per bulan.

Jika dilihat sekilas memang lumayan besar kalau memang memperoleh gaji Rp 6.000.000. Dan perlu Anda tahu gaji tersebut untuk golongan III/a saja dan beda lagi jika golongannya sudah naik.

Kalau kita menengok ke negara tetangga khususnya negara ASEAN, apakah kita masih beranggapan kalau gaji guru PNS Indonesia itu besar? Silakan Anda lihat gaji guru PNS di negara tetangga seperti, Brunei Darussalam, Malaysia, Singapura, Filipina, dan sebagainya.

1. Singapura
Perlu Anda ketahui bahwa gaji guru di Singapura itu mencapai 1.350 SGD per bulan atau setara dengan Rp 13.084.466. Apakah ini gaji tertinggi di negara tersebut? Bukan! Itu adalah gaji minimumnya dan untuk gaji rata-ratanya di negara Singapura bisa mencapai 5.958 SGD per bulan atau Rp 57.763.763. Kabarnya gaji guru di Singapura ini mengalahkan gaji guru di Amerika Serikat dan juga Korea Selatan.

2. Brunei Darussalam
Seorang guru di negara Brunei Darussalam sangat dihargai dan buktinya gaji guru di negara ini bisa mencapai 1.000 BND perbulan atau setara dengan Rp 9.695.150. Itu untuk gaji guru paling kecil saja, sedangkan rata-ratanya gaji guru di Brunei Darussalam bisa mencapai 2.500 BND per bulan atau Rp 24.237.875.

3. Malaysia
Di Malaysia juga profesi guru sangat dihormati dan diperhatikan kesejahteraannya oleh Pemerintah. Gaji minimum guru di negara Malaysia mencapai 1.200 RM per bulan atau Rp 3.860.220. Sedangkan gaji rata-rata guru di Malaysia bisa mencapai 6.982 RM per bulan atau Rp 22.460.047 per bulan.

4. Thailand
Selanjutnya Thailand, berapa gaji guru di negara Thailand? Di negara inipun sama dengan negara-negara ASEAN lainnya yaitu sangat menghormati jasa guru. Di Thailand guru digaji dengan nilai tidak kalah menarik dengan tiga negara diatas, gaji minimum 21.950 THB perbulan atau Rp 8.402.241 dan gaji rata-rata guru di Thailand bisa mencapai sekitar Rp 31.988 THB per bulan atau setara dengan Rp 12.244.687.

5. Filipina
Bagaimana dengan negara Filipina? Gaji guru paling kecil di Filipina hanya sekitar 8.000 PHP per bulan atau sekitar Rp 2.328.920. Sedangkan untuk gaji rata-ratanya guru di Filipina dibayar sekitar 35.671 PHP per bulan atau sekitar Rp 10.384.363.

Dengan melihat 5 negara ASEAN diatas ternyata gaji guru PNS di Indonesia sangatlah kecil. Betapa jauhnya gaji guru jika dibanding dengan negara Malaysia bahkan sangat jauh dengan negara Singapura. Meskipun guru Indonesia golongan IV dan sudah Sertifikasi, jika dibanding dengan gaji guru di negara lain masih sangat jauh. Mungkin sangat mendekati jika dibanding dengan negara Filipina.


Demikian informasi terbaru yang dapat saya berikan....
semoga bermanfaat untuk rekan-rekan guru semua, Baca berita terbaru lainya DISINI

0 Response to "FAKTA GAJI GURU 5 NEGARA ASEAN YANG BERKEMBANG KARENA MENGHARGAI JASA GURU DAN GAJI YANG TINGGI"

Posting Komentar